APLIKASI MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGENALAN RAMBU LALU LINTAS BERBASIS ANDROID
Keywords:
Media Pembelajaran, Rambu Lalu Lintas, Game Development Life Cycle (GDLC), Fisher Yates Shuffle, AndroidAbstract
Rambu lalu lintas dan marka jalan adalah fondasi penting dalam menjaga keselamatan berlalu lintas. Di Sumba Timur, tingkat kepatuhan terhadap aturan yang masih rendah, meningkatkan risiko kecelakaan. Penelitian ini bertujuan meningkatkan pemahaman pengemudi terhadap peraturan lalu lintas melalui media pembelajaran interaktif berbasis Android di Kepolisian Resor Sumba Timur. Media ini membantu kepolisian menyampaikan informasi tentang aturan lalu lintas untuk sosialisasi kepada masyarakat umum dan sekolah-sekolah (SD, SMP, dan SMA). Tingginya angka kecelakaan lalu lintas disebabkan oleh perilaku pengemudi yang melanggar aturan, seperti melaju dengan kecepatan tinggi, kurang hati-hati, dan tidak memiliki SIM. Faktor manusia, termasuk pengetahuan dan pemahaman tentang rambu lalu lintas, menjadi penyebab utama kecelakaan. Diharapkan, melalui media pembelajaran interaktif ini, kesadaran dan pengetahuan masyarakat, terutama pengemudi di Sumba Timur, dapat meningkat. Penelitian ini juga diharapkan mengurangi angka kecelakaan lalu lintas dan menciptakan lingkungan berkendara yang lebih aman. Penelitian ini mengadopsi metode Game Development Life Cycle (GDLC) dalam pengembangan aplikasi multimedia pembelajaran interaktif berbasis Android. GDLC memastikan proses pengembangan aplikasi dilakukan secara terstruktur dan sistematis melalui tahapan analisis, desain, implementasi, pengujian dan pemeliharaan. Algoritma Fisher Yates Shuffle digunakan untuk mengacak latihan soal pada aplikasi, meningkatkan pengalaman belajar pengguna.
Downloads
References
Irawan, Y., Wahyuni, R., & Herianto, H. (2019). Media Pembelajaran Bahasa Inggris Dasar Menggunakan Macromedia Flash 8 di TK Kartika 1.50 Kecamatan Sail Kota Pekanbaru. Informatika, 11(2). https://doi.org/10.36723/juri.v11i2.170
Menteri Perhubungan Republik Indonesia. (2014). Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia No. Pm 13 Tahun 2014 Tentang Rambu Lalu Lintas. Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor Pm 115 Tahun 2018, 1–8.
Menteri Perhubungan Republik Indonesia. (2018). Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 67 Tahun 2018 Tentang Marka Jalan. Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia, 1–37.
Statistik, B. P. (2024). Jumlah Kecelakaan Lalu Lintas 2021-2023. Badan Pusat Statistik Provinsi Nusa Tenggara Timur. https://ntt.bps.go.id/indicator/17/602/1/jumlah-kecelakaan-lalu-lintas.html
Annisa, N., Saragih, A. H., & Mursid, R. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 5(2), 210–221. https://doi.org/10.24114/jtikp.v5i2.12599
Subaeki, B., & Ardiansyah, D. (2017). Implementasi Algoritma Fisher-Yates Shuffle Pada Aplikasi Multimedia Interaktif Untuk Pembelajaran Tenses Bahasa Inggris. Infotronik : Jurnal Teknologi Informasi Dan Elektronika, 2(1), 67–74. https://doi.org/10.32897/infotronik.2017.2.1.31
Nathaniel, E., Sidhi, T. A. P., & Citrayasa, V. (2021). Pembangunan Game Edukasi untuk Pengenalan Rambu Lalu Lintas Pada Anak Sekolah Dasar. Informatika Atma Jogja, 2(2), 87–94. https://ojs.uajy.ac.id/index.php/jiaj/article/view/5474
Salamah, I. (2019). Evaluasi Usability Website Polsri Dengan Menggunakan System Usability Scale. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika: JANAPATI, 8(3), 176–183.
Santoso, B. (2017). "Pengembangan Aplikasi Mobile untuk Pembelajaran Rambu Lalu Lintas Berbasis Android." Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 5(2), 123-134
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Delano Setiawan Martin, Arini Aha Pekuwali, Trisari Dewi Novyanti Bertha Mira
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.