APLIKASI PENGELOLAAN PELAYANAN PENGADUAN JEMAAT (STUDI KASUS GKS UMAMAPU)
Keywords:
Aplikasi, Pengaduan Jemaat, GKS Umamapu, RADAbstract
Gereja sebagai lembaga sosial dan spiritual memiliki peran penting dalam melayani jemaatnya. Salah satunya menyediakan saluran komunikasi bagi jemaat untuk menyampaikan aspirasi, saran, dan pengaduan. GKS Umamapu memiliki sistem pengaduan jemaat yang bersifat informal, pengaduan tidak diekspos secara tertulis namun disampaikan secara lisan kepada BPMJ melalui majelis jemaat perlingkungan dan sering menyampaikan pengaduan saat persidangan gereja. Pengelolaan pelayanan pengaduan jemaat belum memiliki sistem yang terstruktur, sehingga sering terjadi kesalahan seperti pengaduan yang tidak ditangani dengan baik dan terlupakan, hal ini mengakibatkan ketidakpuasan dikalangan jemaat. Selain itu jemaat belum banyak mengetahui tentang jenis pengaduan yang dapat disampaikan ke gereja, terbatas hanya terkait pelayanan ibadah seperti pendeta atau majelis tertentu dalam memimpin ibadah, sedangkan jenis pengaduan lain seperti masalah keamanan, lingkungan dan kebersihan belum banyak disampaikan. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah Software Development Life Cycle (SDLC) dengan model Rapid Application Development (RAD). Hasil penelitian berdasarkan evaluasi pengujian System Usability Scale (SUS) telah membangun aplikasi pengelolaan pelayanan pengaduan jemaat pada GKS Umamapu mencapai skor 80, memperolah hasil yang memuaskan (excellent). Sistem ini dinilai sangat layak, mudah digunakan, menyediakan saluran komunikasi yang efektif untuk memusatkan penanganan pengaduan jemaat dan memfasilitasi pihak gereja dalam mengelola pelayanan pengaduan jemaat dengan baik.
Downloads
References
Giawa, N. (2023). Ridesain Gedung Multi Fungsi Gereja GBI Sukacita Laudah tema arsitektur Neo-vernakular. 2006, 1–64. http://portaluqb.ac.id:808/1068/
Ikhwan, A., & Lubis, D. A. P. (2023). Perancangan Sistem Informasi Laporan Pengaduan Masyarakat Berbasis WEB pada Dinas ESDM SUMUT. Hello World Jurnal Ilmu Komputer, 2(1), 1–13. https://doi.org/10.56211/helloworld.v2i1.193
Mahbub, A. R., Hantoro, K., & Suyanih, Y. (2020). Analisis Dan Perancangan Layanan Pengaduan Masyarakat Desa Berbasis Web Dengan Pendekatan UML. Faktor Exacta, 13(1), 26–34. https://doi.org/10.30998/faktorexacta.v13i1.4866
Rony Setiawan. (2021). Black Box Testing Untuk Menguji Perangkat Lunak. Www.Dicoding.Com. https://www.dicoding.com/blog/black-box-testing/
Santosa. (2019). Evaluasi Usability Pada Sistem Informasi Pasar Kerja Menggunakan System Usablity Scale. Pros. Semin. Nas. Sains Dan Tekno, 240–245. https://publikasiilmiah.unwahas.ac.id/PROSIDING_SNST_FT/article/view/2885
Sundari, E. a. (2023). Sistem Informasi Pelayanan Gereja Anugerah Injil Sepenuh Gideon Kaplingan Surakarta Menggunakan Metode Rapid Application Development. Jurnal Infortech, 5(1), 9–15. https://doi.org/10.31294/infortech.v5i1.15206
Winardi. (2020). Memahami System Development Life Cycle. Accounting.Binus.Ac.Id. https://accounting.binus.ac.id/2020/05/19/memahami-system-development-life-cycle/
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Loda Ana Rara, Novem Berlian Uly, Rambu Yetti Kalaway
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.