PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGADUAN JEMAAT BERBASIS WEB (STUDI KASUS GKS KALIUDA)

Authors

  • Rambu Nggupa Aji Unkriswina Sumba
  • Novem Berlian Uly Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Rambu Yetti Kalaway Universitas Kristen Wira Wacana Sumba

Keywords:

GKS Kaliuda Sistem informasi,Website,Metode waterfall, Black Box Testing

Abstract

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi telah memberikan dampak yang signifikan di berbagai sektor, termasuk gereja. Sebagai komunitas beriman, gereja kini mulai mengadopsi sistem informasi untuk meningkatkan efisiensi administratif dan pelayanan kepada jemaat. Salah satu aspek penting dalam kehidupan gereja adalah pengelolaan pengaduan dari jemaat, yang memfasilitasi komunikasi dua arah antara pemimpin gereja dan jemaatnya. Namun, beberapa gereja, seperti Gereja Kristen Sumba Jemaat Kaliuda (GKS Kaliuda), masih menghadapi tantangan dalam menyediakan saluran pengaduan yang efektif bagi jemaat. Saat ini, pengaduan sering dilakukan melalui pertemuan langsung atau telepon, yang sulit diakses oleh jemaat yang tidak berada di lokasi gereja atau memiliki jadwal yang padat. Untuk mengatasi tantangan ini, disarankan untuk mengembangkan sistem informasi pengaduan berbasis web. Sistem ini memungkinkan jemaat menyampaikan pengaduan secara efisien dan terstruktur. Metode pengembangan sistem yang diterapkan adalah metode Waterfall. Pengujian sistem menggunakan Black Box Testing berhasil menunjukkan bahwa tidak ada kesalahan pada fungsi navigasi. Sementara itu, pengujian kepuasan pengguna sistem menggunakan metode pengukuran SUS, dengan 15 responden memberikan nilai 72, yang masuk dalam kategori "baik" berdasarkan penilaian adjective ratings skala SUS. Penelitian ini bertujuan merancang sistem informasi pengaduan jemaat berbasis web untuk memfasilitasi akses penanganan pengaduan, meningkatkan efisiensi penyelesaian masalah, dan memperkuat komunikasi antara jemaat dan gereja.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anjeli, D., Faulina, S. T., & Fakih, A. (2022). Sistem Informasi Perpustakaan Sekolah Dasar Negeri 49 OKU Menggunakan Embarcadero XE2 Berbasis Client Server. Jurnal Informatika Dan Komputer (JIK), 13(2), 57–66.
Mu’tashim, M. A., Anra, H., & Heri Priyanto. (2020). Sistem Layanan Pengaduan Masyarakat pada Balai Besar POM Kota Pontianak Berbasis Mobile. Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi (JUSTIN), 8(1), 98.
Rio, R., & Marsehan, A. (2023). Perancangan Sistem Informasi Pengaduan Masyarakat Berbasis Web Mobile Menggunakan Metode Waterfall. Jurnal Komputer Dan Teknologi, 43–50.
Sonny, S. N. R. (2021). pengembangan sistem presensi karyawan dengan teknologi GPS berbasis web. Jurnal Comasie, 6(2), 3.
Welda, W., Putra, D. M. D. U., & Dirgayusari, A. M. (2020). Usability Testing Website Dengan Menggunakan Metode System Usability Scale (Sus)s. International Journal of Natural Science and Engineering, 4(3), 152–161.
Wibowo, H. R. D. H. (2022). Pembangunan Website Untuk Sistem Peminjaman Barang dan Ruangan di Universitas Sahid Surakarta. 6–26.
Zunidar, & Wiyono, N. (2023). Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Pengaduan Masyarakat Di Kecamatan Rajeg Berbasis Web. Jurnal Manajemen Informatika Jayakarta, 3(1), 87–97.

Downloads

Published

02-09-2024