ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGADUAN JEMAAT BERBASIS WEB (STUDI KASUS GKS MAKAMENGGIT)
Keywords:
GKS Makamenggit, Perancangan sistem, Website, Metode waterfall, Pengujian Black Box ,Pengujian SUS (System Usability Scale)Abstract
Di era digital saat ini, teknologi informasi menjadi sangat penting dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam aktivitas organisasi keagamaan. Sistem informasi berbasis web dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas komunikasi dan pengelolaan data. GKS Makamenggit yang terletak di Desa Makamenggit Kecamatan Nggaha Ori Angu Kabupaten Sumba Timur dipimpin oleh Ibu Pdt. Sofia Alaida L. Thomas, S.Th. GKS Makamenggit dipilih sebagai lokasi penelitian karena sistem yang ada saat ini mengharuskan jemaatnya bertemu langsung dengan pengurus gereja. Jemaat seringkali menghadapi kendala atau kesibukan sehari-hari sehingga sulit meluangkan waktu untuk pertemuan tatap muka, terutama jika pengurus gereja tidak berada di lokasi. Beberapa jemaat mengirimkan surat pengaduan melalui majelis jemaat, yang kemudian di teruskan ke pendeta, yang memerlukan waktu beberapa hari untuk diproses. Hal ini menunda penyelesaian cepat. Untuk mengatasi masalah tersebut di perlukan sistem informasi pengaduan jemaat berbasis web di GKS Makamenggit. Pengembangan sistem menggunakan metode air terjun dengan pengujian Blackbox untuk menilai fungsi setiap fitur. Analisis System Usability Scale (SUS) yang dilakukan terhadap 15 responden menghasilkan skor sebesar 70,5 dengan kategori Baik. Sistem berbasis web di GKS Makamenggit diharapkan dapat membantu gereja dan jemaat menyampaikan pengaduan dengan lebih efisien.
Downloads
References
Feblita, N., & Nurdiana, D. (2019). Pengembangan Aplikasi Pengaduan Siswa Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall Di Smkn 1 Kragilan. 146–155.
Fenilinas. (2023). Sistem Informasi Pengaduan PAMSIMAS Perumahan Podosugih Kota Pekalongan. 12, 771–776.
Maydianto, M. (2021). Rancang Bangun Sistem Informasi Point Of Sale Dengan Framework Codeigniter Pada Cv Powershop. In Jurnal Comasie.
Tjahyono, F. (2023). Strategi Penanganan Pengaduan Masyarakat (Dumas) Guna Meningkatkan Profesionalisme Anggota Polri. Jurnal Litbang Polri, 26(3), 148–154.
Uminingsih, Nur Ichsanudin, M., Yusuf, M., & Suraya. (2022). Pengujian Fungsional Perangkat Lunak Sistem Informasi Perpustakaan Dengan Metode Black Box Testing Bagi Pemula. STORAGE: Jurnal Ilmiah Teknik Dan Ilmu Komputer, 1(2), 1–8.
Wega, G. (2021). Pengukuran Usability pada Website Kampus Akademi Komunitas Negeri Pacitan Menggunakan System Usability Scale (SUS). Walisongo Journal of Information Technology, 3(2), 59–68.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Endang Kartini Babang Noti, Novem Berlian Uly, Rambu Yetti Kalaway
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.