IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI PENGADUAN JEMAAT (STUDI KASUS: GKS PADADITA BARAT)

Authors

  • Dina Harabi Loda Unkriswina Sumba
  • Novem Berlian Uly
  • Rambu Yetti Kalaway

Keywords:

Sistem Informasi, Pengaduan, Metode Waterfall, Website.

Abstract

Sistem informasi pengaduan adalah sebuah solusi inovatif untuk mengatasi kurangnya interaksi langsung antara pendeta dan jemaat. Keterbatasan kehadiran fisik pendeta ditempat atau gereja seringkali menjadi kendala bagi jemaat dalam menyampaikan pengaduan atau masukan. Sistem informasi pengaduan Jemaat GKS Padadita Barat, memungkinkan jemaat untuk menyampaikan masukan, keluhan, atau pertanyaan terkait kegiatan gereja secara online. Saat ini, proses pengaduan dilakukan secara langsung kepada pendeta, namun terdapat kendala karena keberadaan pendeta yang tidak selalu tersedia, sehinga dalam penjadwalan rapat majelis seringkali menjadi kendala karna jadwal kesibukan pendeta yang sangat padat. Sistem informasi pengaduan ini dirancang untuk memudahkan pelaporan dan penanganan pengaduan dengan efisiensi pengelolaan data menggunakan teknologi informasi. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah metode waterfall. Pengujian sistem menggunakan pengujian Black Box berhasil menunjukan bahwa tidak ada kesalahan pada fungsi navigasi. Sementara itu pengujian kepuasan pengguna sistem menggunakan metode pengukuran SUS, dengan 10 responden memberikan nilai 72, yang masuk dalam kategori “baik†berdasarkan penilaian adjective ratings skala SUS. Dengan ini sistem informasi pengaduan jemaat berbasis web untuk memfasilitasi akses penanganan pengaduan dan meningkatkan efisiensi penyelesaian masalah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cholifah, W. N., Yulianingsih, Y., & Sagita, S. M. (2018). Pengujian Black Box Testing pada Aplikasi Action & Strategy Berbasis Android dengan Teknologi Phonegap. STRING (Satuan Tulisan Riset Dan Inovasi Teknologi), 3(2), 206.
Juarsyah, I., & Mulyono, H. (2021). Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Pengaduan Masyarakat Berbasis Android Pada Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota Jambi. 6(1).
Maydianto, & Ridho, M. R. (2021). Rancang Bangun Sistem Informasi Point of Sale Dengan Framework Codeigniter Pada Cv Powershop. Jurnal Comasie, 02, 50–59.
Murdiani, D., & Sobirin, M. (2022). Perbandingan Metodologi Waterfall Dan Rad (Rapid Application Development) Dalam Pengembangan Sistem Informasi. JUTEKIN (Jurnal Teknik Informatika), 10(2).
Rizki, N., Usman, A., Ramdhan, M., & Kaluku, A. (2022). Pengaduan Di Pdam Kecamatan Telaga. 2(1), 40–49.
Sidik, A. (2018). Penggunaan System Usability Scale (SUS) Sebagai Evaluasi Website Berita Mobile. Technologia: Jurnal Ilmiah, 9(2), 83.

Downloads

Published

02-09-2024