Analisis Sentimen Komentar Terhadap Konten Tenun NTT di Youtube Menggunakan Metode SMOTE dan Logistic Regression
DOI:
https://doi.org/10.58300/transformatif.v13i2.1005Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sentimen komentar YouTube terkait konten tenun ikat NTT menggunakan SMOTE dan Logistic Regression. Hasil menunjukkan sentimen positif mendominasi dengan kata kunci seperti "tenun," "kain," dan "bagus," mengindikasikan apresiasi terhadap budaya NTT. Logistic Regression menghasilkan akurasi 91% dengan kinerja sempurna pada sentimen negatif, meskipun terdapat kesalahan klasifikasi pada sentimen netral dan positif akibat tumpang tindih kata kunci. Penggunaan SMOTE efektif menyeimbangkan data sehingga meningkatkan akurasi model. Penelitian ini memberikan wawasan penting tentang persepsi publik untuk mendukung pelestarian dan promosi tenun ikat NTT.
Downloads
References
A Hasibuan, D. R., Angginami, H., Hardani Ritonga, I., Al-Rasyid Saragih, R., & Ilmu Perpustakaan, P. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Youtube sebagai Media Edukasi di Kalangan Milenial. In Sci-Tech Journal (Vol. 2, Issue 2).
Deni, G. R. (2023). PERANCANGAN PERLENGKAPAN BUSANA BERBAHAN DASAR TENUN TRADISIONAL SUMBAWA. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 7(1), 2598–9944. https://doi.org/10.58258/jisip.v7i1.4595
Friska Mastarida. (2023). Hubungan Kualitas Layanan, Pengalaman Konsumen, Kepuasan Konsumen, dan Loyalitas Konsumen: Model Konseptual. ARBITRASE: Journal of Economics and Accounting, 3(3), 521–526. https://doi.org/10.47065/arbitrase.v3i3.702
Huwaida, S. F., Kusumawati, R., & Isnaini, B. (2024). Analisis Sentimen Komentar YouTube terhadap Pemindahan Ibu Kota Negara Menggunakan Metode Naïve Bayes. Jambura Journal of Informatics, 6(1), 26–39. https://doi.org/10.37905/jji.v6i1.24718
Kaharudin, A., Agus Supriyadi, A., Baitika, H., & Derryanur, M. (2023). OKTAL?: Jurnal Ilmu Komputer dan Science Analisis Sentimen pada Media Sosial dengan Teknik Kecerdasan Buatan Naïve Bayes: Kajian Literatur Review. 2(6). https://harzing.com/resources/publish-or-perish
Khaira, U., Johanda, R., Utomo, P. E. P., & Suratno, T. (2020). Sentiment Analysis Of Cyberbullying On Twitter Using SentiStrength. Indonesian Journal of Artificial Intelligence and Data Mining, 3(1), 21. https://doi.org/10.24014/ijaidm.v3i1.9145
M., T. E. (2016). Tenun Ikat dan Songket. Pelita Hati.
Maulana, A., Inayah Khasnaputri Afifah, Asghafi Mubarrak, Kiagus Rachmat Fauzan, Ardhan Dwintara, & Zen, B. P. (2023). COMPARISON OF LOGISTIC REGRESSION, MULTINOMIALNB, SVM, AND K-NN METHODS ON SENTIMENT ANALYSIS OF GOJEK APP REVIEWS ON THE GOOGLE PLAY STORE. Jurnal Teknik Informatika (Jutif), 4(6), 1487–1494. https://doi.org/10.52436/1.jutif.2023.4.6.863
Metboki, G., Nababan, D., Kelen, Y. P., Studi Teknologi Informasi Fakultas Pertanian Sains Dan Kesehatan, P., & Negeri Timor, U. (2024). E-UMKM Studi Kasus Penjualan Kain Tenun Berbasis Android dengan Metode Waterfall. 4(1), 24–29. https://doi.org/10.54259/satesi.v4i1.2729
Musfiroh, D., Khaira, U., Eko, P., Utomo, P., Suratno, T., Studi, P., Informasi, S., Sains, F., & Teknologi, D. (2021). MALCOM: Indonesian Journal of Machine Learning and Computer Science Sentiment Analysis of Online Lectures in Indonesia from Twitter Dataset Using
InSet Lexicon Analisis Sentimen terhadap Perkuliahan Daring di Indonesia dari Twitter Dataset Menggunakan InS. MALCOM: Indonesian Journal of Machine Learning and Computer Science, 1, 24–33.
Nurian, A., & Nurina Sari, B. (n.d.). ANALISIS SENTIMEN ULASAN PENGGUNA APLIKASI GOOGLE PLAY MENGGUNAKAN NAÏVE BAYES. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 11(3), 2830–7062. https://doi.org/10.23960/jitet.v11i3%20s1.3348
Rizkina, N. Q., & Hasan, F. N. (2023). Analisis Sentimen Komentar Netizen Terhadap Pembubaran Konser NCT 127 Menggunakan Metode Naive Bayes. Journal of Information System Research (JOSH), 4(4), 1136–1144. https://doi.org/10.47065/josh.v4i4.3803
Selan, R., Kale, A. K. A., #3, J. S. B., & Tarigan, B. V. (2021). Pelatihan Manajemen Usaha Kelompok Pengrajin Tenun Ikat Khas NTT.
Suherlan, S. A. (2023). Analysis Of Perceived Ease Of Use And Trust To Purchase Intention Mediated By Attitude To Shop Online. In Management Studies and Entrepreneurship Journal (Vol. 4, Issue 6). http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Syafia, A. N., Hidayattullah, M. F., & Suteddy, W. (2023). Studi Komparasi Algoritma SVM Dan Random Forest Pada Analisis Sentimen Komentar Youtube BTS. 8(3).
Ulfa, S., br Sinulingga, T. E., & Sinulingga, J. (2023). Kain Tenun Tradisional: Warisan Budaya dan Industri Kreatif. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 29709–29715. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/11780
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL TRANSFORMATIF UNKRISWINA SUMBA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.