Analisis Sentimen Komentar Terhadap Konten Tenun NTT di Youtube Menggunakan Metode SMOTE dan Logistic Regression

Authors

  • Erwianta Gustial Radjah Program Studi Sistem Informasi, Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Alfrian Carmen Talakua Program Studi Sistem Informasi, Universitas Kristen Wira Wacana Sumba

DOI:

https://doi.org/10.58300/transformatif.v13i2.1005

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sentimen komentar YouTube terkait konten tenun ikat NTT menggunakan SMOTE dan Logistic Regression. Hasil menunjukkan sentimen positif mendominasi dengan kata kunci seperti "tenun," "kain," dan "bagus," mengindikasikan apresiasi terhadap budaya NTT. Logistic Regression menghasilkan akurasi 91% dengan kinerja sempurna pada sentimen negatif, meskipun terdapat kesalahan klasifikasi pada sentimen netral dan positif akibat tumpang tindih kata kunci. Penggunaan SMOTE efektif menyeimbangkan data sehingga meningkatkan akurasi model. Penelitian ini memberikan wawasan penting tentang persepsi publik untuk mendukung pelestarian dan promosi tenun ikat NTT.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A Hasibuan, D. R., Angginami, H., Hardani Ritonga, I., Al-Rasyid Saragih, R., & Ilmu Perpustakaan, P. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Youtube sebagai Media Edukasi di Kalangan Milenial. In Sci-Tech Journal (Vol. 2, Issue 2).

Deni, G. R. (2023). PERANCANGAN PERLENGKAPAN BUSANA BERBAHAN DASAR TENUN TRADISIONAL SUMBAWA. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 7(1), 2598–9944. https://doi.org/10.58258/jisip.v7i1.4595

Friska Mastarida. (2023). Hubungan Kualitas Layanan, Pengalaman Konsumen, Kepuasan Konsumen, dan Loyalitas Konsumen: Model Konseptual. ARBITRASE: Journal of Economics and Accounting, 3(3), 521–526. https://doi.org/10.47065/arbitrase.v3i3.702

Huwaida, S. F., Kusumawati, R., & Isnaini, B. (2024). Analisis Sentimen Komentar YouTube terhadap Pemindahan Ibu Kota Negara Menggunakan Metode Naïve Bayes. Jambura Journal of Informatics, 6(1), 26–39. https://doi.org/10.37905/jji.v6i1.24718

Kaharudin, A., Agus Supriyadi, A., Baitika, H., & Derryanur, M. (2023). OKTAL?: Jurnal Ilmu Komputer dan Science Analisis Sentimen pada Media Sosial dengan Teknik Kecerdasan Buatan Naïve Bayes: Kajian Literatur Review. 2(6). https://harzing.com/resources/publish-or-perish

Khaira, U., Johanda, R., Utomo, P. E. P., & Suratno, T. (2020). Sentiment Analysis Of Cyberbullying On Twitter Using SentiStrength. Indonesian Journal of Artificial Intelligence and Data Mining, 3(1), 21. https://doi.org/10.24014/ijaidm.v3i1.9145

M., T. E. (2016). Tenun Ikat dan Songket. Pelita Hati.

Maulana, A., Inayah Khasnaputri Afifah, Asghafi Mubarrak, Kiagus Rachmat Fauzan, Ardhan Dwintara, & Zen, B. P. (2023). COMPARISON OF LOGISTIC REGRESSION, MULTINOMIALNB, SVM, AND K-NN METHODS ON SENTIMENT ANALYSIS OF GOJEK APP REVIEWS ON THE GOOGLE PLAY STORE. Jurnal Teknik Informatika (Jutif), 4(6), 1487–1494. https://doi.org/10.52436/1.jutif.2023.4.6.863

Metboki, G., Nababan, D., Kelen, Y. P., Studi Teknologi Informasi Fakultas Pertanian Sains Dan Kesehatan, P., & Negeri Timor, U. (2024). E-UMKM Studi Kasus Penjualan Kain Tenun Berbasis Android dengan Metode Waterfall. 4(1), 24–29. https://doi.org/10.54259/satesi.v4i1.2729

Musfiroh, D., Khaira, U., Eko, P., Utomo, P., Suratno, T., Studi, P., Informasi, S., Sains, F., & Teknologi, D. (2021). MALCOM: Indonesian Journal of Machine Learning and Computer Science Sentiment Analysis of Online Lectures in Indonesia from Twitter Dataset Using

InSet Lexicon Analisis Sentimen terhadap Perkuliahan Daring di Indonesia dari Twitter Dataset Menggunakan InS. MALCOM: Indonesian Journal of Machine Learning and Computer Science, 1, 24–33.

Nurian, A., & Nurina Sari, B. (n.d.). ANALISIS SENTIMEN ULASAN PENGGUNA APLIKASI GOOGLE PLAY MENGGUNAKAN NAÏVE BAYES. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 11(3), 2830–7062. https://doi.org/10.23960/jitet.v11i3%20s1.3348

Rizkina, N. Q., & Hasan, F. N. (2023). Analisis Sentimen Komentar Netizen Terhadap Pembubaran Konser NCT 127 Menggunakan Metode Naive Bayes. Journal of Information System Research (JOSH), 4(4), 1136–1144. https://doi.org/10.47065/josh.v4i4.3803

Selan, R., Kale, A. K. A., #3, J. S. B., & Tarigan, B. V. (2021). Pelatihan Manajemen Usaha Kelompok Pengrajin Tenun Ikat Khas NTT.

Suherlan, S. A. (2023). Analysis Of Perceived Ease Of Use And Trust To Purchase Intention Mediated By Attitude To Shop Online. In Management Studies and Entrepreneurship Journal (Vol. 4, Issue 6). http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Syafia, A. N., Hidayattullah, M. F., & Suteddy, W. (2023). Studi Komparasi Algoritma SVM Dan Random Forest Pada Analisis Sentimen Komentar Youtube BTS. 8(3).

Ulfa, S., br Sinulingga, T. E., & Sinulingga, J. (2023). Kain Tenun Tradisional: Warisan Budaya dan Industri Kreatif. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 29709–29715. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/11780

Downloads

Published

2024-11-14