Getok Tular Media Sosial: Faktor-Faktor Pembentuk Dan Konsekuensinya
Keywords:
Media sosial, getok tular elektronik, niat pembelian ulang, regresiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji peranan media sosial sebagai sarana getok tular elektronik. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah keterlibatan pelanggan dan pengetahuan pelanggan sebagai variabel pendahulu (antecedents) dan niat pembelian ulang sebagai variabel akibat (Consequences).
Sampel dalam penelitian ini berjumlah 206 responden yang tersebar di Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali, dan Ambon dengan survei yang dilakukan secara terhubung dan tidak berhubung. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis regresi berganda dan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa dalam konteks Indonesia, keterlibatan pelanggan dan pengetahuan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan pada tindakan getok tular elektronik melalui media sosial. Tindakan getok tular elektronik melalui media sosial berpengaruh positif pada niat pembelian ulang.
Kata Kunci: Media sosial, getok tular elektronik, niat pembelian ulang, regresi