STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN SAYURAN ORGANIK HASIL PRODUKSI BALAI PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN MASYARAKAT DESA, DAERAH TERTINGGAL DAN TRANSMIGRASI (BPPMDDTT) AMBON
DOI:
https://doi.org/10.58300/transformatif.v13i1.758Keywords:
Strategi; Komunikasi Pemasaran; Sayuran OrganikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk strategi komunikasi pemasaran yang di pakai BPPMDDTT Ambon dalam memasarkan produk sayuran organik dan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang berhubungan dengan penerapan strategi komunikasi pemasaran tersebut. sayuran organik hasil produksi BPPMDDTT. Penelitian ini dilakukan pada Balai Pelatihan dan Pengembangan Masyarakat Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (BPPMDDTT) Ambon selama ± 1 bulan terhitung sejak Oktober-November 2023. Sampel dalam penelitian ini adalah pegawai BPPMDDTT Ambon yang mengelola demplot sebanyak 3 orang dengan menggunakan teknik pengambilan sampel jenuh. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis data memakai konsep dari Hubburman dan Milles yaitu aktivitas dalam menganalisa data kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran sayuran organik hasil produksi yang dilakukan oleh Balai Pelatihan dan Pengembangan Masyarakat Desa, Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi (BPPMDDTT) adalah strategi komunikasi pemasaran yang digunakan adalah iklan melalui media sosial, promosi penjualan dan pemasaran langsung dan faktor – Faktor dalam pelaksanaan strategi komunikasi pemasaran sayuran organik hasil produksi Balai Pelatihan dan Pengembangan Masyarakat Desa, Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi (BPPMDDTT) adalah faktor pekerjaan konsumen, faktor ekonomi dan faktor harga.
Downloads
References
Aninda, M.M., Vara S., Daniel, S.D., Sularso B., Woro H.K., Febrianty. (2022). Strategi Pemasaran Sayuran Organik Melalui Digital Marketing Pada Berdaya Agri Indonesia. Universitas Bina Insan Lubuklinggau.
BPS (Badan Pusat Statistik) Maluku. (2023). Maluku dalam Angka 2023. BPS Maluku, Ambon.
Kinanthi, Shara Asma; Fitriyah, Nur; Dwivayani, Kadek Dristiana Strategi Komunikasi Human Resource Development (HRD) Dalam Meningkatkan Kualitas Kinerja Karyawan Outsourcing Pt. Tekindo Mitra Mandiri Samarinda. Ejournal Ilmu Komunikasi, 2020, 8.2: 108-121.
Nur, A., Firdaus., Muhammad. Strategi Komunikasi Pemasaran Batik Gonggong “Lawana†Tanjungpinang Dalam Membangun Brand Awareness. 2020. Phd Thesis. Riau University
Putri, Adinda Valisha; Ali, Dini Salmiyah Fithrah. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Coffee Shop Kopi Tuli. Communiverse: Jurnal Ilmu Komunikasi 5(2): 95-108
Saputra, Faisal Tomi; Oktaviani, Devi. Strategi Komunikas Pemasaran PT Ciputra Residence Dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen. Dialektika Komunika: Jurnal Kajian Komunikasi Dan Pembangunan Daerah, 2020, 7.1: 15-28.
Sari, Y., & Utami, N. W. (2021). Komunikasi Pemasaran Digital sebagai Tantangan Teknologi. Jurnal Mahasiswa Komunikasi Cantrik, 1(1), 1–14.
Supit, E. O. J. (2020). Kajian strategi komunikasi pemasaran rumah panggung di woloan. Acta Diurna Komunikasi, 5(5).
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif Dan R&D. Bandung Alfabeta.
Wradsari, Nindya Ayu; Fatchiya, Anna. (2020). Efek Strategi Komunikasi Pemasaran Personal Selling Pt Agricon Pada Petani Padi Di Kabupaten Karawang. Jurnal Penyuluhan, 10.1
Widyastuti, S. (2020). Manajemen komunikasi pemasaran terpadu: Solusi menembus hati pelanggan.
Yadi, Heri. (2020). Strategi Positioning Dalam Persaingan Bisnis (Points Of Difference Dan Points Of Parity). Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship (Ajie). 261-271
Yuarini, Dewa Ayu Anom; Satriawan, I. Ketut; Suardi, I. D. P. O. (2020). Strategi Peningkatan Kualitas Produk Sayuran Segar Organik Pada Cv. Golden Leaf Farm Bali. Jurnal Manajemen Agribisnis, 3(2): 93-109.