IMPLEMENTASI ALGORITMA APRIORI TERHADAP DATA PENJUALAN UNTUK MENGETAHUI POLA PEMBELIAN KONSUMEN (Studi kasus: Aulia Mart)
Abstract
menyajikan produk-produk kebutuhan bagi masyarakat umum. Data transaksi penjualan yang ada di Aulia Mart saat ini belum dimanfaatkan secara efektif, karena data-data tersebut hanya dijadikan arsip dan disimpan begitu saja. Dengan dukungan perkembangan teknologi, maka semakin berkembang pula kemampuan dalam mengumpulkan dan mengelola data-data tersebut menjadi informasi yang dapat berguna. Adanya algoritma apriori dapat dimanfaatkan dalam proses penjualan yaitu dengan memberikan hubungan antar data penjualan, dalam hal ini adalah produk dan berbagai macam kebutuhan sehari-hari bagi masyarakat yang dipesan sehingga diperoleh pola pembelian konsumen. Hasil analisis dari perancangan sistem algoritma apriori menunjukkan bahwa sistem yang dikembangkan dapat memberikan informasi yang dapat membantu pihak Aulia Mart dalam pengambilan keputusan produk yang paling sering dibeli oleh konsumen untuk proses pembuatan keputusan bisnis dan hasil pengujian dengan metode black box menunjukkan bahwa aplikasi berjalan sesuai dengan analisis dan aplikasi dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Proses pengembangan perangkat lunak yang digunakan adalah Extreme Programming (XP) meliputi Perencanaan, Perancangan, Pengkodean, dan Pengujian.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.