Analisis Pemasaran Ayam Pedaging (Broiler) Di Kecamatan Kota Waingapu Kabupaten Sumba Timur

Authors

  • Jayusman Ramadhan Program Studi Agribisnis, Fakultas Sains Dan Teknologi, Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Elsa Christin Saragih Program Studi Agribisnis, Fakultas Sains Dan Teknologi, Universitas Kristen Wira Wacana Sumba

DOI:

https://doi.org/10.58300/sjaa.v1i2.660

Keywords:

Saluran Pemasaran, Margin Pemasaran, Efisiensi Pemasaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola saluran pemasaran, margin pemasaran dan efisiensi dari saluran pemasaran ayam pedaging. Penelitian ini berlokasi di Kecamatan Kota Waingapu, Kabupaten Sumba Timur. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 25 sampel peternak, 2 sampel pedagang besar, dan 4 sampel pedagang pengecer di Kecamatan Kota Waingapu Kabupaten Sumba Timur. Untuk mengetahui pola saluran pemasaran dan lembaga-lembaga yang terlibat pada pemasaran ayam pedaging di Kecamatan Kota Waingapu, dilakukan analisis deskriptif. Kemudian dilakukan analisis untuk mengetahui margin pemasaran dan efisiensi pemasaran dari setiap saluran pemasaran. Hasil analisis saluran pemasaran menggambarkan bahwa terdapat 4 saluran pemasaran ayam pedaging di Kecamatan Kota Waingapu Kabupaten Sumba Timur. Saluran pemasaran I: peternak – konsumen akhir. Saluran pemasaran II: peternak – pedagang pengecer – konsumen akhir. Saluran pemasaran III: peternak – pedagang besar – konsumen akhir. Saluran pemasaran IV: peternak – pedagang besar – pedagang pengecer – konsumen akhir. Margin pemasaran dari saluran pemasaran I adalah Rp 0/Kg. Margin pemasaran dari saluran pemasaran II adalah Rp 11.980/Kg. Margin pemasaran dari saluran pemasaran III adalah Rp 9.024/Kg. Margin pemasaran dari saluran pemasaran IV adalah Rp 14.024/Kg. Saluran pemasaran I, II, dan III berada pada kategori efisien dengan nilai persentase margin berada diantara 0 – 33%, sedangkan saluran pemasaran IV berada pada kategori kurang efisien dengan nilai persentase margin berada diantara 34 – 67%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

BPS Sumba Timur. (2020). Statistik Pertanian Kabupaten Sumba Timur 2020. https://sumbatimurkab.bps.go.id/publication/2022/01/13/c9018dd87f23a78e030be62e/statistik-pertanian-kabupaten-sumba-timur-2020.html

Hadini, H. A., Abadi, M., & Agustiani, I. (2023). Analisis Pemasaran Ayam Broiler Di Kecamatan Angata Kabupaten Konawe Selatan Provinsi Sulawesi Tenggara. PROSIDING: Seminar Nasional Teknologi Dan Agribisnis Peternakan Seri 10, 10, 20–21.

Hamdani, H., & Safrika, S. (2021). Analisis Pemasaran Ayam Potong Di Laweueng Kecamatan Muara Tiga Kabupaten Pidie. Jurnal Agroristek, 4(1). https://doi.org/10.47647/jar.v4i1.409

Hapsari, A., & Ritohardoyo, S. (2018). Analisis Marjin Pemasaran Ayam Pedaging di Kabupaten Karanganyar. Journal of Chemical Information and Modeling, 6(9), 11–19.

Jojo, J., Harianto, H., Nurmalina, R., & Hakim, D. B. (2021). Integrasi Pasar Ayam Broiler Di Sentra Produksi Dan Pasar Indonesia. JURNAL PANGAN, 30(1). https://doi.org/10.33964/jp.v30i1.526

Nasir, M., & Zubaidah, S. (2021). Analisis Pemasaran Ayam Broiler Di Pasar Tradisional Lhoksukon Kabupaten Aceh Utara. Jurnal Ilmiah Peternakan, 3(2), 81–91.

Nurdiyansah, I., Suherman, D., & Putranto, H. D. (2020). Hubungan Karakteristik Peternak dengan Skala Kepemilikan Sapi Perah di Kecamatan Kabawetan Kabupaten Kepahiang. Buletin Peternakan Tropis, 1(2), 64–74. https://doi.org/10.31186/bpt.1.2.64-74

Prasetyo, A. F., & Fatah, B. A. (2019). Analisis Saluran Pemasaran Ayam Buras di Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Ilmu Peternakan Terapan, 2(2). https://doi.org/10.25047/jipt.v2i2.1424

Pricilia, N., Suparta, N., & Tatik, I. (2019). Hubungan Perilaku Peternak Dengan Keberhasilan Usaha Peternakan Ayam Ras Pedaging Di Kabupaten Sumba Timur. Journal of Tropical Animal Science, 3(1), 60–80.
https://simdos.unud.ac.id/uploads/file_penelitian_1_dir/80a62e1b18443e312ea393947017b283.pdf

Rahman, V. A. (2020). Analisis Pemasaran Ayam Broiler Di Kecamatan SumberJambe Kabupaten Jember. Jurnal Kubis, 2.

Rahmawati, Y., Sarengat, W., & Marzuki, S. (2014). Analisis Pola Saluran Pemasaran dan Marjin Pemasaran Usaha Ternak Ayam Broiler Pola Kemitraan di Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal. Animal Agriculture Journal, 3(3).

Soekartawi. (2011). Analisis Usahatani. Jakarta : UI-Press.

Sugiyono. (2008). Metodologi Penelitian Data Sekunder. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatitaf Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Surni, S., Zani, M., & Syamsuddin, S. (2022). Pemasaran Produk Ayam Pedaging di Kota Kendari Pada Masa Isu Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Membangun Desa Dan Pertanian, 7(4). https://doi.org/10.37149/jimdp.v7i4.26503

Downloads

Published

2024-01-10

How to Cite

Ramadhan, J., & Saragih, E. C. (2024). Analisis Pemasaran Ayam Pedaging (Broiler) Di Kecamatan Kota Waingapu Kabupaten Sumba Timur. Sandalwood Journal Of Agribusiness And Agrotechnology, 1(2), 86–94. https://doi.org/10.58300/sjaa.v1i2.660