Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Dalam Pembelian Minuman Kopi Arabika Di Sedotan Kopi (Studi Kasus: Sedotan Kopi Desa Paya Bujok Blang Paseh, Langsa Kota, Kota Langsa)

Authors

  • Audi Firmansyah Mahasiswa Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Samudra
  • Kiagus Muhammad Zain Basriwijaya ProdiAgribisnis Fakultas Pertanian Universitas Samudra, Langsa Aceh
  • Rini Mastuti Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Samudra

Keywords:

Kualitas produk, Harga, Gaya hidup, Promosi, Kepuasaan Konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor-faktor kepuasaan konsumen terhadap pembelian kopi arabika di kedai Sedotan Kopi. Penelitian ini dilakukan di Desa Paya Bujok Blang Paseh tepatnya di kedai kopi Sedotan Kopi Kota Langsa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive dengan jumlah sampel sebanyak 97 orang. Untuk mengetahui faktornya ada beberapa variabel yang diteliti (X1) Produk, (X2) Harga,(X3) Gaya hidup, dan (X4) Promosi terhadap variabel (Y) kepuasan kosumen dalam membeli minuman kopi arabika di Sedotan Kopi, penulis menggunakan metode regresi linier berganda dan menggunakan uji F (Simultan) dan uji t (Parsial). Pengolahan data dilakukan menggunakan software komputer SPSS 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan variabel Produk, Harga, Gaya hidup dan Promosi memiliki nilai Fhitung > Ftabel  sehingga dapat disimpulkan bahwa secara simultan variabel Produk, Harga, Gaya Hidup dan Promosi berpengaruh sangat nyata terhadap kepuasaan konsumen. Secara parsial atau terpisah menunjukkan bahwa nilai sig variabel Produk (X1), Harga (X2), Gaya hidup (X3) lebih kecil dari 0,05 maka hal tersbut sangat berpengaruh nyata terhadap kepuasaan konsumen, dannilai sig  pada variabel Promosi (X4) lebih besar dari nilai 0,05 maka hal tersebut dinyatakan tidak berpengaruh nyata terhadap kepuasaan konsumen Sedotan Kopi Kota Langsa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriyanti (2017). Studi Strategi Pemasaran Terbaik Berdasarkan Perilaku Konsumen dalam Menghadapi Persaingan Antar Kedai Kopi di Jatinangor. Jurnal manajemen dan Bisnis, Vol 14, No 2 ISSN 1829-8680, E-ISSN 2599-0039.
Aini, E. N., & Andjarwati, A. L. (2020). Pengaruh gaya hidup konsumtif dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam, 8(1), 17-27.
Andriani, A. D. (2020). Pengaruh Gaya Hidup, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Bekas Import Di Tempat Biasa Thrift Store Surabaya (Doctoral Dissertation, Universitas Pgri Adibuana Surabaya).
Apriyani, D. A., & Sunarti, S. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Survei Pada Konsumen the Little a Coffee Shop Sidoarjo) (Doctoral dissertation, Brawijaya University).
Badan Pusat Statistik (BPS), Kota Langsa (2021) . Kota Langsa Dalam Angka. Laporan Tahunan. Kota Langsa
Badan Pusat Statistik (BPS), Provinsi Aceh (2019) . Aceh Dalam Angka. Laporan Tahunan. Aceh
Budiman, Haryanto (2012). Prospek Tinggi Bertanam Kopi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Cahyani, F. G., & Sitohang, S. (2016). Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 5(3).
Dara Utami (2019). Analisis Kepuasan Konsumen Dalam Memilih Coffee Shop Di Kota Medan. Universitas Sumatera Utara Medan.
Devi, Mahesa, Reza, Sovranita. (2015). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Membeli Sayuran Organik. Universitas Kristen Satya Wacana.
Dewi, P. V. A., Agung, A. A. P., & Prayoga, I. M. S. (2021). Pengaruh Store Atmosphere, Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Langkah Coffee Shop. EMAS, 2(2).
Familiar, K., & Maftukhah, I. (2015). Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan. Management Analysis Journal, 4(4).

Downloads

Published

2024-12-17

How to Cite

Firmansyah, A., Basriwijaya, K. M. Z., & Mastuti, R. (2024). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Dalam Pembelian Minuman Kopi Arabika Di Sedotan Kopi (Studi Kasus: Sedotan Kopi Desa Paya Bujok Blang Paseh, Langsa Kota, Kota Langsa). Sandalwood Journal Of Agribusiness And Agrotechnology, 2(2), 21–29. Retrieved from https://ojs.unkriswina.ac.id/index.php/JTS/article/view/945