The Keanekaragaman Jenis Mangrove Di Pesisir Pantai Kandangu Buku Desa Matawai Atu Kabupaten Sumba Timur Sebagai Media Pembelajaran Biologi

  • Bryan Jeremy Markus Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Anita Tamu Ina Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Audrey Louise Makatita Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Kristen Wira Wacana Sumba

Abstract

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah  untuk mendeskripsikan keanekaragaman jenis mangrove di pesisir Pantai Kandangu Buku, Desa Matawai Atu, Kabupaten Sumba Timur dan mendeskripsikan pemanfaatan keanekaragaman jenis mangrove di pesisir Pantai Kandangu Buku, Desa Matawai Atu, Kabupaten Sumba Timur sebagai media pembelajaran biologi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian ekologi dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Dalam penelitian ini, peneliti akan menggunakan teknik sampling yaitu purposive sampling, dengan pemilihan lokasi sampling yang dilakukan berdasarkan tujuan tertentu. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi kerapatan, kerapatan relatif, frekuensi, frekuensi relatif, dominansi, indeks nilai penting, dan indeks keanekaragaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keanekaragaman jenis mangrove yang telah ditemukan di pesisir Pantai Kandangu Buku Desa Matawai Atu, pada nilai indeks keanekaragaman keseluruhannya dari tingkat semai, pancang dan tiang memperoleh H’ 0,618 yang menunjukkan bahwa keanekaragaman jenis mangrove di kawasan pesisir Pantai Kandangu Buku Desa Matawai Atu yaitu keanekaragaman rendah (H’<1). Hasil uji validasi media pembelajaran berupa poster oleh validator 1 (penilaian desain) sebesar 95% dan validator 2 (penilaian isi) sebesar 90%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-02-16
How to Cite
MARKUS, Bryan Jeremy; INA, Anita Tamu; MAKATITA, Audrey Louise. The Keanekaragaman Jenis Mangrove Di Pesisir Pantai Kandangu Buku Desa Matawai Atu Kabupaten Sumba Timur Sebagai Media Pembelajaran Biologi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNKRISWINA, [S.l.], v. 1, n. 1, feb. 2024. Available at: <https://ojs.unkriswina.ac.id/index.php/SEMNASDIK-FKIP/article/view/657>. Date accessed: 13 apr. 2024.