The Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Poster Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Mipa 3 Di SMA Negeri 3 Waingapu

  • Sisilia Wati Tamu Ina Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Anita Tamu Ina
  • Audrey Louise Makatita

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) yang didukung media Poster terhadap hasil akademik IPA 3 siswa kelas XI SMA Negeri 3 Waingapu. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Seluruh siswa IPA kelas XII SMA Negeri 3 Waingapu pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024 mengikuti penelitian ini. Sampel penelitian ini adalah 36 siswa Kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol dan 36 siswa Kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen. Hasil analisis deskriptif yang diperoleh menunjukkan skor pre-test dan post-test kelas eksperimen sebesar 49,17 <81,33, sedangkan hasil pre dan post-test kelas referensi sebesar 43,06 < 77,22, kemudian dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan t-sampel berpasangan. Pengujian tersebut memberikan nilai Asymp, sig (2-tailed) sebesar 0,000 yang berarti nilai tersebut kurang dari 0,05. Dapat disimpulkan bahwa Problem Based Learning (PBL) yang didukung media Poster berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-02-16
How to Cite
TAMU INA, Sisilia Wati; INA, Anita Tamu; MAKATITA, Audrey Louise. The Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Poster Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Mipa 3 Di SMA Negeri 3 Waingapu. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNKRISWINA, [S.l.], v. 1, n. 1, feb. 2024. Available at: <https://ojs.unkriswina.ac.id/index.php/SEMNASDIK-FKIP/article/view/665>. Date accessed: 13 apr. 2024.