The Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Poster Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Mipa 3 Di SMA Negeri 3 Waingapu
Keywords:
Model Problem Based Learning, Hasil Belajar, PosterAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) yang didukung media Poster terhadap hasil akademik IPA 3 siswa kelas XI SMA Negeri 3 Waingapu. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Seluruh siswa IPA kelas XII SMA Negeri 3 Waingapu pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024 mengikuti penelitian ini. Sampel penelitian ini adalah 36 siswa Kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol dan 36 siswa Kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen. Hasil analisis deskriptif yang diperoleh menunjukkan skor pre-test dan post-test kelas eksperimen sebesar 49,17 <81,33, sedangkan hasil pre dan post-test kelas referensi sebesar 43,06 < 77,22, kemudian dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan t-sampel berpasangan. Pengujian tersebut memberikan nilai Asymp, sig (2-tailed) sebesar 0,000 yang berarti nilai tersebut kurang dari 0,05. Dapat disimpulkan bahwa Problem Based Learning (PBL) yang didukung media Poster berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.