Pkm Pemberdayaan Jemaat Gks Hanggaroru Melalui Program Ikan Asap

  • Suryaningsih Ndahawali Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • firat Meiyasa Prodi Teknologi Hasil Perikanan Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Yatris Rambu Tega Prodi Teknologi Hasil Perikanan Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Kisman Umbu Henggu Prodi Teknologi Hasil Perikanan Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Elfis Umbu Retang Program Studi Agribisnis Universitas Kristen Wira Wacana Sumba

Abstract

Desa Kaliuda, Kecamatan Pahunga Lodu, Kabupaten Sumba Timur merupakan daerah yang potensi perikanan melimpah dilihat dari hasil pengkapan masyarakat pesisir yang merupakan nelayaan kecil mendaptakan tangkapan lebih banyak atau melimpah, dengan menggunakan alat pengkapan yang sederhana atau minim. Desa dengan potensi laut yang tinggi dapat dilakukan pengembangan industri atau usaha pengasapan aneka hasil laut. Hasil tangkap yang melimpah dengan proses pemasaran yang dilakukan masyarakat dalam bentuk segar dan jarak desa yang cukup jauh, serta belum ada sarana dan prasaran yang mendukung atau dapat menjaga kualitas hasil tangkapan masyarakat, sehingga hasil tangkap dapat menjadi busuk dan rusak. Berdasarkan masalah tersebut, maka solusi yang ditawarkan adalah perlunya melakukan pemberdayaan masarakat seperti sosialisasi, pelatihan dan pendampingan pada masyarakat dalam pembuatan ikan asap mengunakan bahan dan alat lokal yang ada di sekitar Desa Hanggaroru. Selanjtnya juga diberi pelatihan dan pendampingan dalam proses pemasaran hasil ikan tangkapan berupa ikan segar maupun ikan asap.


Program ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan kepada masyarakat mengenai pengolahan hasil tangkapan yang berlimpah dengan biaya yang murah dan dapat disimpan dalam jangka waktu yang lama. Sehingga dapat mendukung ekonomi dan pendapatan masyarakat pesisir  Hanggaroru. Metode yang digunakan dalam kegiatan PkM adalah metode pendekatan seperti, peoses penyuluhan atau sosialisasi pembuatan ikan asap, materi sosialisasi yang diberikan adalah Thapan pembuatan ikan asap, desain kemasan dan pembuatan lemari pengasapan. Kata kunci: ikan tapa, drum vertikal, sanitasi


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-01-30
How to Cite
NDAHAWALI, Suryaningsih et al. Pkm Pemberdayaan Jemaat Gks Hanggaroru Melalui Program Ikan Asap. ABDI WINA JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 115-121, jan. 2024. ISSN 2809-0179. Available at: <https://ojs.unkriswina.ac.id/index.php/abdiwina/article/view/470>. Date accessed: 13 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.58300/abdiwina.v3i2.470.

Most read articles by the same author(s)