Analisis Strategi Pengembangan Usaha Peternakan Babi Di Kabupaten Pania (Studi Kasus Di Desa Itoka Distrik Nakama)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan usaha peternakan babi di Kabupaten PANIA (studi kasus di Desa Itoka Distrik Nakama). Penelitian strategi pengembangan usaha peternakan babi di Kabupaten Pania (studi kasus di Desa Itoka Distrik Nakama) di lakukan dengan menggunakan metode penelitian Deskriptif. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Angket (Kuesioner). Data yang dianalisis menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pengembangan usaha peternakan babi di Desa Itoka Distrik Nakama Kabupaten Pania memiliki kekuatan dan peluang yang tinggi. Yang mana faktor kekuatan berada pada titik 3,88 (internal) dan peluang berada pada titik 3,71 (eksternal). Strategi pengembangan usaha yang dilakukan pada peternakan babi adalah menggunakan strategi Stenght Opportunity yaitu meningkatkan produksi ternak untuk mengantisipasi tingginya permintaan daging babi, memanfaatkan kondisi usaha sekarang untuk mendapatkan kepercayaan pinjaman dana dari bank dan membangun kemitraan dengan dinas terkait dalam memberikan penyuluhan atau pelatihan bagaimana pengelolaan ternak dan pemasarannya.
References
Ardana, I. B., & Putra, H. (2015). Ternak Babi Manajemen Reproduksi, Produksi, dan Penyakit. Udayanan University Press, Bali.
Astiti, N. M. A. G. R. (2018). Pengantar Ilmu Peternakan. Penerbit Universitas Warmadewa. Denpasar.
Badan Pusat Statistik Kabupaten Mimika. Kabupaten Mimika Dalam Angka. (2021).
Badan Pusat Statistik Provinsi Papua. Provinsi Papua Dalam Angka. (2022).
Dewi, G. A. M. K. (2017). Materi ilmu ternak babi. Fakultas Peternakan Universitas Udayana Denpasar 2017.Bali.
Narbuko, C., & Achmadi, A. (2004). Metodologi Penelitian. PT Bumi Aksara, Jakarta. Noor, H. F. (2008). Ekonomi Manajerial. PT Raja Grafindo persada, Jakarta.
Pappas, J. L., & Hirschey, M. (1995). Ekonomi Manajerial (Edisi 6). Binarupa Aksara, Jakarta.
Pradifta, A. E. (2015). Pengaruh Karakteristik Usaha dan Karakterisitik Kredit Terhadap Tingkat Pengembalian Kredit Bank Oleh Pedagang Di Pasar Segamas Kabupaten Purbalingga. Jurnal Ekonomi Universitas Negri Semarang.
Rangkuti, F. (2018). Analisis Swot : Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. Sjafrizal. (2014). Perencanaan Pembangunan Daerah Dalam Era Otonomi. PT Raja Grafindo persada, Jakarta.
Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi. CV Andi Offset, Yogyakarta. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.
Sunarya, P. A. S., & Saefullah, A. (2011). Kewirausahaan. CV Andi Offset, Yogyakarta.
Suryana. (2011). Kewirausahaan Pedoman Praktis Kiat dan Proses Menuju Sukses (Edisi 3). Salemba Empat, Jakarta.
Suryana. (2016). kewirausahaan kiat dan proses menuju sukses (Edisi 4). Salemba Empat, Jakarta.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.
The author who submits the manuscript must understand and agree that the copyrights published are held by Jurnal Peternakan Sabana. Copyright includes rights to reproduce, distribute and sell every part of journal articles in all forms and media.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows:
• Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA)
Jurnal Peternakan Sabana is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
you are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material
for any purpose, even commercially.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.