Analisis Strategi Pengembangan Usaha Peternakan Babi Di Kabupaten Pania (Studi Kasus Di Desa Itoka Distrik Nakama)

  • Inggrid Welerubun Prodi Peternakan, Progam Studi Di Luar Kampus Utama, Univesitas Pattimura
  • Albertus Sairudy Prodi Peternakan, Dosen Progam Studi Di Luar Kampus Utama Univesitas Pattimura
  • Jecklin M. Lainsamputty Prodi Peternakan, Dosen Progam Studi Di Luar Kampus Utama Univesitas Pattimura
  • Iven Patu Sirappa Universitas Kristen Wira Wacana Sumba

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan usaha peternakan babi di Kabupaten PANIA (studi kasus di Desa Itoka Distrik Nakama). Penelitian strategi pengembangan usaha peternakan babi di Kabupaten Pania (studi kasus di Desa Itoka Distrik Nakama) di lakukan dengan menggunakan metode penelitian Deskriptif. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Angket (Kuesioner). Data yang dianalisis menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pengembangan usaha peternakan babi di Desa Itoka Distrik Nakama Kabupaten Pania memiliki kekuatan dan peluang yang tinggi. Yang mana faktor kekuatan berada pada titik 3,88 (internal) dan peluang berada pada titik 3,71 (eksternal). Strategi pengembangan usaha yang dilakukan pada peternakan babi adalah menggunakan strategi Stenght Opportunity yaitu meningkatkan produksi ternak untuk mengantisipasi tingginya permintaan daging babi, memanfaatkan kondisi usaha sekarang untuk mendapatkan kepercayaan pinjaman dana dari bank dan membangun kemitraan dengan dinas terkait dalam memberikan penyuluhan atau pelatihan bagaimana pengelolaan ternak dan pemasarannya.

References

Aak. (1974). Usaha Ternak Babi. Kansius, Yogyakarta.

Ardana, I. B., & Putra, H. (2015). Ternak Babi Manajemen Reproduksi, Produksi, dan Penyakit. Udayanan University Press, Bali.

Astiti, N. M. A. G. R. (2018). Pengantar Ilmu Peternakan. Penerbit Universitas Warmadewa. Denpasar.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Mimika. Kabupaten Mimika Dalam Angka. (2021).

Badan Pusat Statistik Provinsi Papua. Provinsi Papua Dalam Angka. (2022).

Dewi, G. A. M. K. (2017). Materi ilmu ternak babi. Fakultas Peternakan Universitas Udayana Denpasar 2017.Bali.

Narbuko, C., & Achmadi, A. (2004). Metodologi Penelitian. PT Bumi Aksara, Jakarta. Noor, H. F. (2008). Ekonomi Manajerial. PT Raja Grafindo persada, Jakarta.

Pappas, J. L., & Hirschey, M. (1995). Ekonomi Manajerial (Edisi 6). Binarupa Aksara, Jakarta.

Pradifta, A. E. (2015). Pengaruh Karakteristik Usaha dan Karakterisitik Kredit Terhadap Tingkat Pengembalian Kredit Bank Oleh Pedagang Di Pasar Segamas Kabupaten Purbalingga. Jurnal Ekonomi Universitas Negri Semarang.

Rangkuti, F. (2018). Analisis Swot : Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. Sjafrizal. (2014). Perencanaan Pembangunan Daerah Dalam Era Otonomi. PT Raja Grafindo persada, Jakarta.

Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi. CV Andi Offset, Yogyakarta. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Sunarya, P. A. S., & Saefullah, A. (2011). Kewirausahaan. CV Andi Offset, Yogyakarta.

Suryana. (2011). Kewirausahaan Pedoman Praktis Kiat dan Proses Menuju Sukses (Edisi 3). Salemba Empat, Jakarta.

Suryana. (2016). kewirausahaan kiat dan proses menuju sukses (Edisi 4). Salemba Empat, Jakarta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.
Published
2023-12-23
How to Cite
WELERUBUN, Inggrid et al. Analisis Strategi Pengembangan Usaha Peternakan Babi Di Kabupaten Pania (Studi Kasus Di Desa Itoka Distrik Nakama). JURNAL PETERNAKAN SABANA, [S.l.], v. 2, n. 3, p. 158-169, dec. 2023. ISSN 2549-0001. Available at: <http://ojs.unkriswina.ac.id/index.php/sabana/article/view/689>. Date accessed: 03 may 2024. doi: https://doi.org/10.58300/jps.v2i3.689.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.