Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Menggunakan Model Make A Match Pada Materi Kenampakan Alam Dan Buatan

  • Bertu Rianto Takaendengan Universitas Negeri Gorontalo
  • Wilson Takaendengan
  • Putri S Mamahit
  • Stelly V Manawan

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan karena terdapat kesulitan siswa dalam proses belajar mengajar pada materi kenampakan alam dan buatan dimana pembelajaran hanya bersifat satu arah, yaitu hanya guru  yang berperan secara aktif dan mendominasi pembelajaran (teacher centered), sedangkan peserta didik menjadi pendengar saja sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa kurang optimal. Tercatat siswa yang tuntas hanya 4 dari 14 siswa atau hanya sekitar 28,58%.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD Negeri Tulap melalui penerapan model Make A Match. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahap, yakni: 1. Perencanaan, 2. Tindakan, 3. Observasi, dan 4. Refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam II siklus. Hasil yang diperoleh pada siklus I mencapai 59,65% yakni siswa kurang mampu memahami materi yang diajarkan sehingga perlu dilanjutkan ke siklus II karena belum mencapai kriteria yang sudah ditentukan dengan melalui tahapan refleksi. Pada siklus II tingkat ketuntasan belajar siswa mencapai 84,65% maka dapat diperoleh informasi bahwa penerapan model Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri Tulap.  Temuan penelitian ini dapat menjadi referensi bagi guru dalam menggunakan model make a match sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa SD dan pijakan bagi peneliti selanjutnya untuk memperluas cakupan materi atau subjek penelitian.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-12-15
How to Cite
TAKAENDENGAN, Bertu Rianto et al. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Menggunakan Model Make A Match Pada Materi Kenampakan Alam Dan Buatan. Jurnal Edusavana, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 24-29, dec. 2023. Available at: <https://ojs.unkriswina.ac.id/index.php/Edusavana/article/view/656>. Date accessed: 13 apr. 2024.