Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Membeli Ayam Pedaging (Broiler) Di Pasar Inpres Kota Waingapu Kabupaten Sumba Timur

Authors

  • Jesika Armelia Rambu Nalla Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Elfis Umbu Katongu Retang Program Studi Agribisnis Universitas Kristen Wira Wacana Sumba

Keywords:

Pengaruh, Ayam Pedaging, Waingapu

Abstract

Peneltian ini bertujuan unuk untuk mengetahui pengaruh faktor kualitas, harga, lokasi, pendidikan, pendapatan, jumlah tanggungan dan selera secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian ayam pedaging di Pasar Inpres Kota Waingapu. Penelitian ini dilakukan di Pasar Inpres Kota Waingapu Kabupaten Sumba Timur. Penelitian ini akan dilaksanakan selama dua bulan yaitu dari bulan Juni sampai dengan bulan Juli 2025. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang datang membeli ayam pedaging di Pasar Inpres Kota Waingapu, dan jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 96 orang responden. Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen membeli ayam pedaging di Pasar Inpres Kota Waingapu akan dianalisis menggunaan teknik analisis regresi linear berganda. Uji t digunakan untuk mengetahui apakah varibael bebas berpenagruh secara parsial, dan uji F dilakukan untuk mengetahui apakah varibael bebas berpenagruh secara parsial. Hasil penelitian menjelaskan bahwa secara parsial faktor harga, pendapatan, dan jumlah tanggungan memiliki pengaruh yang signifikan, sedangkan faktor kualitas produk, lokasi, pendidikan, dan selera tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian ayam pedaging di Pasar Inpres Kota Waingapu. Sedangkan, secara simultan faktor kualitas, harga, lokasi, pendidikan, pendapatan, jumlah tanggungan dan selera memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen membeli ayam pedaging di Pasar Inpres Kota Waingapu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adrian, S., & Saidah, Z. (2024). Proses Keputusan Pembelian Konsumen Terhadap Daging Ayam Broiler di Pasar Tradisional Kiaracondong dan Griya Kiaracondong. MIMBAR AGRIBISNIS: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 10(1), 464–474.

BPS Sumba Timur. (2020). Statistik Pertanian Kabupaten Sumba Timur 2020. https://sumbatimurkab.bps.go.id/publication/2022/01/13/c9018dd87f23a78e030be62e/statistik-pertanian-kabupaten-sumba-timur-2020.html

BPS Sumba Timur. (2024). Kecamatan Kota Waingapu Dalam Angka Tahun 2024.

BPS Sumba Timur. (2025). Kabupaten Sumba Timur Dalam Angka Tahun 2025. https://sumbatimurkab.bps.go.id/dynamictable/2018/11/12/65/luas-penggunaan-lahan-sawah-tadah-hujan-dirinci-menurut-frekuensi-penanaman-dan-menurut-kecamatan-di-kabupaten-sumba-timur-2017.html

Nisa, S. K., Darsan, & Sulistyaningsih, F. (2023). Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Sebelum Melakukan Pembelian Daging Ayam Broiler Di Pasar Kalitidu Kecamatan Kalitidu Kabupaten Bojonegoro. Oryza: Jurnal Agribisnis Dan Pertanian Berkelanjutan, 8(2), 57–62.

Pricilia, N., Suparta, N., & Tatik, I. (2019). Hubungan Perilaku Peternak Dengan Keberhasilan Usaha Peternakan Ayam Ras Pedaging Di Kabupaten Sumba Timur. Journal of Tropical Animal Science, 3(1), 60–80. https://simdos.unud.ac.id/uploads/file_penelitian_1_dir/80a62e1b18443e312ea393947017b283.pdf

Purnama, E., Handayani, S., & Wicaksana, B. E. (2024). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Daging Ayam Broiler Di Prima Fresmart Kabupaten Pati. JSA: Jurnal Sains Agribisnis, 4(2), 198–207.

Rahman, V. A. (2020). Analisis Pemasaran Ayam Broiler Di Kecamatan SumberJambe Kabupaten Jember. Jurnal Kubis, 2, 31–39.

Ramadhanti, S. F., Handayani, M., & Mukson, M. (2023). Analisis Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Membeli Daging Ayam Broiler Di Pasar Cibinong Kabupaten Bogor. Mimbar Agribisnis?: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 9(2), 2724. https://doi.org/10.25157/ma.v9i2.10639

Sari, A. W., & Murtani, A. (2024). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Ayam Potong (Studi di Rumah Ayam Potong Syariah Kecamatan Medan Marelan Kota Medan Sumatera Utara). Jurnal Dunia Pendidikan, 5(4), 1354–1369.

Sugiono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatitaf Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Swamilaksita, P. D., & Sukandar, D. (2023). Proyeksi Produksi Daging Ayam Ras untuk Memenuhi Kebutuhan Protein Penduduk di Indonesia. Jurnal Ilmu Gizi Dan Dietetik, 1(3), 196–203. https://doi.org/10.25182/jigd.2022.1.3.196-203

Downloads

Published

2025-11-30

How to Cite

Rambu Nalla, J. A., & Retang, E. U. K. (2025). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Membeli Ayam Pedaging (Broiler) Di Pasar Inpres Kota Waingapu Kabupaten Sumba Timur. Sandalwood Journal Of Agribusiness And Agrotechnology, 3(2), 81–88. Retrieved from https://ojs.unkriswina.ac.id/index.php/JTS/article/view/1427

Most read articles by the same author(s)