Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V SD Ngrandulor Jombang
Abstract
Salah satu tujuan dari pembelajaran matematika siswa dapat memecahkan masalah serta memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan, rasa ingin tahu, perhatian, dan minat dalam mempelajari matematika, serta sikap ulet dan percaya diri dalam memecahkan masalah. Pemecahan masalah berguna untuk mengeksplorasi pengetahuan dan keterampilan yang telah dimiliki oleh siswa dalam menyelesaikan masalah yang jarang ditemui oleh siswa. Pemecahan masalah dalam penelitian ini menggunakan masalah dengan tipe HOTS (Higher Order Thinking Skills). Masalah HOTS pada penelitian ini pada level menganalisis, mengevaluasi dan mengkreasi. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan pemecahan masalah matematika tipe HOTSĀ pada siswa kelas V SD Negeri Ngrandulor. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan datanya melalui pemberian tes dan wawancara. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar masalah HOTS dan pedoman wawancara. Analisis data pada penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi waktu. Subjek penelitian ini sebanyak 1 orang, yaitu siswa kelas V SD Negeri Ngrandulor. Subjek dipilih berdasarkan hasil ujian AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) materi numerasi dengan nilai terbaik dalam kelas. Hasil penelitian menunjukkan subjek penelitian dapat menyelesaikan masalah HOTS tentang bangun datar pada level menganalisis, mengevaluasi dan mengkreasi dengan benar. Subjek memenuhi indikator pemecahan masalah yang digunakan. Subjek juga menggunakan representasi gambar dalam menyelesaikan masalah.