Penggunaan Media Geogebra Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMK 10 Nopember Jombang

  • Eny Suryowati Universitas PGRI Jombang

Abstract

Berdasarkan nilai ulangan harian siswa menunjukkan sebesar 82,14% siswa belum memenuhi KKM pada pokok bahasan menentukan kedudukan titik, garis, dan bidang pada bangun ruang. Selain itu aktivitas siswa dalam pembelajaran juga perlu ditingkatkan. Penggunaan software geogebra dalam pembelajaran matematika dapat membantu siswa dalam memahami materi menentukan kedudukan titik, garis, dan bidang pada bangun ruang. Geogebra merupakan salah satu media yang dinamis sehingga siswa dapat memanipulasi dan interaktif dengan objek bangun ruang. Sehingga siswa dapat lenih mudah memahami konsep matematika dan aktivitas belajar siswa lebih bermakna. Media ini digunakan dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model discovery learning. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI TKR-1 SMK 10 Nopember Jombang pada pembelajaran menggunakan media geogebra. Penelitian ini merupakan peneitian tindakan kelas (PTK). Pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I dan II terlihat peningkatan aktivitas siswa pada siklus I persentase rata-rata aktivitas siswa secara klasikal 73,79% dengan kriteria cukup aktif dan pada siklus II 82,29% dengan kriteria sangat aktif, sehingga ada peningkatan  sebesar 8,5%. Pada hasil belajar siswa, presentase hasil belajar siswa yang tuntas secara klasikal sebesar 62,50%  pada siklus I dan 79,17% pada siklus II, sehingga ada peningkatan sebesar 16,67%. Beradasarkan hasil data tersebut, maka penggunaan software geogebra dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-12-13
How to Cite
SURYOWATI, Eny. Penggunaan Media Geogebra Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMK 10 Nopember Jombang. Jurnal Edusavana, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 15-23, dec. 2023. Available at: <https://ojs.unkriswina.ac.id/index.php/Edusavana/article/view/651>. Date accessed: 13 apr. 2024.