Pengaruh Model Two Stay Two Stray Berbantuan Media Leaflet Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Pandawai
Keywords:
Model Pembelajaran; Two Stay Two Stray; media leaflet; Hasil BelajarAbstract
Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe two stay two stray (TS-TS) berbantuan media leaflet terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Pandawai. Jenis penelitian ini yaitu eksperimen dan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII G yang dijadikan sebagai kelas kontrol sebanyak 30 orang dan kelas VIII F sebagai kelas eksperimen sebanyak 30 orang. Hasil penelitian dapat dilihat dari perbandingan nilai rata-rata kelas kontrol 57,43 (pretest) 72,83 (posttest) dan kelas eksperimen nilai rata-rata yang diperoleh 62,03 (pretest) 82,43 (posttest). Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji dependent sampel t test yang memiki nilai Asymp. Sig (2 tailed) 0,000 artinya nilai tersebut < ) 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray (TS-TS) berbantuan media leaflet berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII F yang merupakan kelas eksperimen di SMP Negeri 1 Pandawai.