Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Berbantuan Media Flipchart Dengan LKPD Tebak Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik
Keywords:
Model Talking Stick, Flipchart, Tebak Gambar, Hasil BelajarAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran singkat tentang keadaan terkini penelitian di bidang Kooperatif tipe Talking Stick. Metode daalam penelitian ini merupakan penelitian dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Model PTK yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Kemmis & Taggart. Meldia Flipchart adalah selkulmpullan rangkulman informasi pada lelmbaran kelrtas yang ditelmpell di atasnya dan dibulka selcara belrulrultan delngan melmbalik halaman selsulai delngan pokok bahasan matelri pelmbellajaran. LKPD Telbak Gambar adalah lelmbar kelrja yang belrisi gambar-gambar yang haruls ditelbak olelh pelselrta didik ulntulk mellatih kelmampulan obselrvasi dan pelnalaran pelselrta didik selrta melmbanguln sulasana bellajar yang aktif dan intelraktif. Sulbyelk dari pelnellitian ini yaitul sellulrulh pelselrta didik kellas IX SMP Nelgelri 2 Pabelriwai yang belrjulmlah 24 orang, telrdiri dari 15 pelselrta didik laki-laki dan 9 pelselrta didik pelrelmpulan. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kuantitatif. Dalam tulisan ini, peneliti akan fokus pada model pembelajaran kooperatif berbasis kelompok dengan bantuan tongkat adalah model pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick berbantuan media Flipchart dengan LKPD Tebak Gambar dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IX Smp Negeri 2 Paberiwai Pada Materi Sistem Perkembangbiakan Pada Tumbuhan Dan Hewan. Kondisi awal hanya mencapai 62,91 yang tuntas 21% dan yang tidak tuntas sebanyak 79% sedangkan pada siklus I terdapat 63% peserta didk tuntas sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 83% yang Tuntas. Belrdasarkan gambar 4.8` telrdapat pelrbandingan sikluls I melmpelrolelh nilai 67% katelgori tulntas, dan 33% dikatelgorikan tidak tulntas, seldangkan pada sikluls II ada pelningkatan ataul melmpelrolelh nilai 79% delngan katelgori tulntas dan 21% dikatelgorikan kulrang. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan bagi guru IPA untuk mencoba menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick berbantuan media Flipchart dengan LKPD Tebak Gambar sampai meningkatkan hasil belajar peserta didik.