Peningkatan Keterampilan Peserta Didik Melakukan Praktikum Dan Membuat Poster Melalui Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Media Video Animasi Di SMP Negeri 1 Waingapu

Authors

  • Yeremias Tawar Dukangawu Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Vidriana Oktoviana Bano Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Riwa Rambu Hada Enda Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Wira Wacana Sumba

Keywords:

Project Based Learning, Pratikum, Poster,, Video Animasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantuan media Video Animasi. Jenis penelitian adalah PTK, model Kemmis dan Mc Tangert dengan pendekatan deksriptif kuantitatif. Penelitian terdiri dari kegiatan pra siklus, siklus I dan siklus II. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IX SMP Negeri 1 Waingapu TA 2024/2025, berjumlah 34 orang. Teknik dan instrumen pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, dokumentasi, dan rubrik penilaian psikomotorik. Pengukuran hasil belajar difokuskan pada ranah kognitif dan psikomotorik. Hasil penelitian menunjukan penerapan model pembelajaran Project Based Learning berbantuan media Video Animasi dapat meningkatkan keterampilan peserta didik melakukan praktikum dan membuat poster. Pra siklus, peserta didik yang tuntas 5 orang dengan persentase 15%, yang tidak tuntas 29 orang dengan persentase 85%. Siklus I peserta didik yang tuntas 18 orang dengan persentase 53%, peserta didik yang tidak tuntas 16 orang dengan persentase 47%. Siklus II peserta didik yang tuntas 28 orang dengan persentase 82%, peserta didik yang tidak tuntas 6 orang dengan persentase 18%. Hasil penelitian ranah psikomotorik pada siklus I, peserta didik yang tuntas 12 orang peserta didik dengan persetase 35%, yang tidak tuntas 22 orang peserta didik dengan persentase 65%. Siklus II peserta didik yang tuntas 30 orang peserta didik dengan persentase 88% sedangkan yang tidak tuntas 4 orang peserta didik dengan persentase 12%. Penerapan model pembelajaran Project Based Learning berbantuan media Video Animasi dapat meningkatkan keterampilan peserta didik melakukan praktikum dan membuat poster pada materi sistem perkembangbiakan tumbuhan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-12-31