Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) Berbantuan Kartu Uno Dengan LKPD Word Square Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IX Di SMP Negeri 3 Tana Righu

Authors

  • Alvivin Umbu Limbu Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Vidriana Oktoviana Bano Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Audrey Louise Makatita Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Wira Wacana Sumba

Keywords:

Course Review Horay (CRH), Kartu Uno, Word Square, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik kelas IX B SMP Negeri 3 Tana Righu setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan dua siklus masing-masing yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian yang dijadikan sampel adalah peserta didik kelas IX B SMP Negeri 3 Tana Righu Semester Ganjil TA 2024/2025, dengan jumlah 28 orang terdiri dari 17 laki-laki dan 11 perempuan yang dilaksanakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay pada siklus I dan II terlihat jelas peserta didik terlibat aktif dalam bertanya, diskusi, maupun memberikan tanggapan yang dibantu dengan media Kartu UNO dan LKPD Word Square dapat meningkatkan Hasil belajar pada materi Sistem Perkembangbiakan Tumbuhan dan Hewan. Kondisi awal 25% yang tuntas dan tidak tuntas 75% sedangkan pada siklus I meningkat menjadi 71% yang tuntas dan tidak tuntas 29% dan pada siklus II meningkat menjadi 89% yang tuntas dan tidak tuntas 11%. Hasil belajar afektif menunjukkan aspek jujur, tanggung jawab, disiplin, dan kerjasama terdapat perbandingan antara siklus I memperoleh nilai 36% kategori baik dan 64% kategori kurang baik, sedangkan siklus II ada peningkatan memperoleh nilai 82% kategori sangat baik dan 18% kategori kurang. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan bagi guru IPA untuk mencoba menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay berbantuan kartu uno dengan lkpd word square untuk meningkatkan hasil belajar

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-12-31