Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Alat Peraga Persebeni terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SMP Negeri 4 Mauliru
Keywords:
Hasil Belajar, Problem Based Learning, PersebeniAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan alat peraga persebeni terhadap hasil belajar matematika siswa di SMP Negeri 4 Mauliru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis semu eksperimen menggunakan nonequivalent control grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Negeri 4 Mauliru dan subyeknya adalah kelas VII C sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 28 orang dan kelas VII D sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 29 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan pretest-posttest materi perbandingan senilai dan berbalik nilai. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, homogenitas, dan hipotesis yang dilakukan dengan uji Z. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang menunjuk bahwa nilai signifikan (2-tailed) 0,000 artinya nilai tersebut kurang dari 0,05 maka ditolak dan diterima artinya ada perbedaan yang signifikan dari hasil belajar matematika antara siswa yang menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan alat peraga persebeni (kelas eksperimen) dan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional (kelas kontrol). Dapat disimpulkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model PBL berbantuan alat peraga persebeni di SMP Negeri 4 Mauliru.