PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMPTK HANGGARORU
Keywords:
: Student Teams Achievement Division, Motivasi Belajar, SiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap motivasi belajar matematika siswa SMPTK Hanggaroru. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksprimen one group pretest-posttest design dengan jenis penelitian kuantitatif, teknik analisis data yang digunakan adalah uji deskriptif, uji normalitas dan uji hipotesis. Teknik pengumpulan data menggunakan soal pretest-posttest pada materi aljabar dan observasi dengan subjek penelitian adalah kelas VII yang berjumlah 27 orang. Hasil pengolahan data motivasi belajar siswa diperoleh dari nilai rata-rata soal pretest sebesar 46.59 dan nilai rata-rata soal posttest 79.63, dimana rata-rata posttest lebih besar dari rata-rata pretest artinya terbukti bahwa terdapat pengaruh motivasi belajar siswa berdasarkan nilai pretest dan posttest. Berdasarkan hasil hipotesis dengan uji-t diperoleh nilai Signifikan (2-tailed) 0,000 artinya nilai tersebut kurang dari 0,05 ( , maka diterima, yang berarti terdapat pengaruh dalam penerapan model pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Division terhadap motivasi belajar matematika siswa SMPTK Hanggaroru.