PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMPTK HANGGARORU

Authors

  • Lidia Lemba Halawulang Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Yuliana Tamu Ina Nuhamara Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Wira Wacana Sumba

Keywords:

: Student Teams Achievement Division, Motivasi Belajar, Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap motivasi belajar matematika siswa SMPTK Hanggaroru. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksprimen one group pretest-posttest design dengan jenis penelitian kuantitatif, teknik analisis data yang digunakan adalah uji deskriptif, uji normalitas dan uji hipotesis. Teknik pengumpulan data menggunakan soal pretest-posttest pada materi aljabar dan observasi dengan subjek penelitian adalah kelas VII yang berjumlah 27 orang. Hasil pengolahan data motivasi belajar siswa diperoleh dari nilai rata-rata soal pretest sebesar 46.59 dan nilai rata-rata soal posttest 79.63, dimana rata-rata posttest  lebih besar dari rata-rata pretest artinya terbukti bahwa terdapat pengaruh motivasi belajar siswa berdasarkan nilai pretest dan posttest. Berdasarkan hasil hipotesis dengan uji-t diperoleh nilai Signifikan (2-tailed) 0,000 artinya nilai tersebut kurang dari 0,05 ( , maka  diterima, yang berarti terdapat pengaruh dalam penerapan model pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Division terhadap motivasi belajar matematika siswa SMPTK Hanggaroru.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-12-31