Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMK Negeri 5 Waingapu
Keywords:
Hasil belajar, Problem Based Learning, Bilangan BerpangkatAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learnig terhadap hasil belajar matematika siswa di kelas X SMK Negeri 5 Waingapu. Hasil belajar adalah kemampuan yang meliputi tiga ranah, yaitu pengetahuan, psikomotorik, dan sikap. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis eksperimen menggunakan nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TITL SMK Negeri 5 Waingapu dan subyeknya adalah X TITL1dengan jumlah siswa 21 orang sebagai kelas kontrol dan X TITL 2 dengan jumlah siswa 21 orang sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan soal pretest-posttest pada materi bilngan berpangkat. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis yang dilakukan dengan uji Z. Hasil pengolahan data hasil belajar matematika siswa kelas kontrol diperoleh rata-rata pretest sebesar 46,74 dan rata-rata posttest 63,10 dan nilai rata-rata kelas eksperimen diperoleh pretest sebesar 49,33 dan rata-rata posttest 79,95 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning. Hal ini berdasarkan pada hasil uji hipotesis yang menunjukkan bahwa nilai signifikan sehingga H1, diterima ang berarti terdapat pengaruh dalam penerapan model PBL dan H0 ditolak. Kesimpulannya bahwa model Problem Based Learning berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMK Negeri 5 Waingapu