Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMK Negeri 5 Waingapu

Authors

  • Marheni Putri Jawa Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Darius Imanuel Wadu Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Elsy Senides Hana Taunu Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Wira Wacana Sumba

Keywords:

Hasil belajar, Problem Based Learning, Bilangan Berpangkat

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learnig terhadap hasil belajar matematika siswa di kelas X SMK Negeri 5 Waingapu. Hasil belajar adalah kemampuan yang meliputi tiga ranah, yaitu pengetahuan, psikomotorik, dan sikap. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis eksperimen menggunakan nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh  siswa kelas X TITL SMK Negeri 5 Waingapu dan subyeknya adalah X TITL1dengan jumlah siswa 21 orang sebagai kelas kontrol dan X TITL 2 dengan jumlah siswa 21 orang sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan soal pretest-posttest  pada  materi bilngan berpangkat. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis yang dilakukan dengan uji Z. Hasil pengolahan data hasil belajar  matematika siswa kelas kontrol diperoleh rata-rata  pretest sebesar 46,74 dan rata-rata posttest 63,10 dan nilai rata-rata kelas eksperimen diperoleh pretest sebesar 49,33 dan rata-rata posttest 79,95 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar  matematika siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning. Hal ini berdasarkan pada hasil uji hipotesis yang menunjukkan bahwa nilai signifikan sehingga H1, diterima ang berarti terdapat pengaruh dalam penerapan model PBL dan H0 ditolak. Kesimpulannya bahwa model Problem Based Learning  berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMK Negeri 5 Waingapu

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-12-31